Wednesday, November 26, 2008

Laskar Pelangi (Review from Manda)

Definisi buku Laskar Pelangi (from Wikipedia)

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong yang penuh dengan keterbatasan. Mereka adalah:

  1. Ikal
  1. Lintang; Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara
  2. Sahara; N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah
  3. Mahar; Mahar Ahlan bin Jumadi Ahlan bin Zubair bin Awam
  4. A Kiong (Chau Chin Kiong); Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman
  5. Syahdan; Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz
  6. Kucai; Mukharam Kucai Khairani
  7. Borek aka Samson
  8. Trapani; Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari
  9. Harun; Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan

Mereka bersekolah dan belajar pada kelas yang sama dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP, dan menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Pada bagian-bagian akhir cerita, anggota Laskar Pelangi bertambah satu anak perempuan yang bernama Flo, seorang murid pindahan. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.

Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi. Buku berikutnya adalah Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov.Buku ini tercatat sebagai buku sastra Indonesia terlaris sepanjang sejarah.

Nah, itu definisi bukunya.

Sekarang filmnya,

Laskar Pelangi (2008) adalah sebuah film garapan sutradara Riri Riza yang dirilis pada 25 September 2008, pada saat libur Lebaran. Film Laskar Pelangi merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Skenarionya ditulis oleh Salman Aristo yang juga menulis naskah film Ayat-Ayat Cinta dibantu oleh Riri Riza dan Mira Lesmana.

Untuk mencari pemeran tokoh-tokoh anggota Laskar Pelangi, Riri Riza melakukan casting di daerah Belitung dengan menggunakan pemeran-pemeran lokal dalam pembuatan film. Film ini juga diambil di lokasi yang sama, Pulau Belitung. Film ini memadukan 12 aktor Indonesia yang dikenal dengan kemampuan akting mereka dengan 12 anak-anak Belitung asli yang bertalenta akting. Dengan aktor-aktor lokal, film ini sangat kental dengan nuansa lokal Belitung, ditunjang dengan skenario dan dialek yang menggunakan dialek Belitung, penggambaran kondisi sosial dan budaya masyarakatnya menjadi realistis dan apa adanya.

Hari pertama pembukaan kelas baru di sekolah SD Muhammadyah menjadi sangat menegangkan bagi dua guru luar biasa, Muslimah (Cut Mini Theo) dan Pak Harfan (Ikranegara), serta 9 orang murid yang menunggu di sekolah yang terletak di desa Gantong, Belitong. Sebab kalau tidak mencapai 10 murid yang mendaftar, sekolah akan ditutup.

Hari itu, Harun, seorang murid istimewa menyelamatkan mereka. Ke-10 murid yang kemudian diberi nama Laskar Pelangi oleh Bu Muslimah, menjalin kisah yang tak terlupakan.

Lima tahun bersama, Bu Mus, Pak Harfan dan ke-10 murid dengan keunikan dan keistimewaannya masing masing, berjuang untuk terus bisa sekolah. Di antara berbagai tantangan berat dan tekanan untuk menyerah, Ikal (Zulfanny), Lintang (Ferdian) dan Mahar (Verrys Yamarno) dengan bakat dan kecerdasannya muncul sebagai pendorong semangat sekolah mereka.

Di tengah upaya untuk tetap mempertahankan sekolah, mereka kehilangan sosok yang mereka cintai. Sanggupkah mereka bertahan menghadapi cobaan demi cobaan?

Film ini dipenuhi kisah tentang tantangan kalangan pinggiran, dan kisah penuh haru tentang perjuangan hidup menggapai mimpi, serta keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia, dengan latar belakang sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya di Indonesia.

Inilah nama-nama pemeran laskar pelangi :)

Pemeran Tokoh
Cut Mini Theo Ibu Muslimah
Ikranegara Pak Harfan
Zulfanny Ikal
Ferdian Lintang
Verrys Yamarno Mahar
Slamet Rahardjo Pak Zulkarnaen
Tora Sudiro Pak Mahmud
Lukman Sardi Ikal dewasa
Ario Bayu Lintang dewasa
Mathias Muchus Bapak Ikal
Rieke Diah Pitaloka Ibu Ikal
Teuku Rifnu Wikana Pak Bakri
Alex Komang Bapak Lintang
Jajang C Noer Istri Pak Harfan
Robby Tumewu A Miauw (Ayah A Ling)
Yogi Nugraha Kucai
M. Syukur Ramadan Syahdan
Suhendri A Kiong
Febriansyah Borek
Suharyadi Syah Ramadhan Trapani
Jeffry Yanuar Harun
Dewi Ratih Ayu Safitri Sahara
Marcella El Jolia Kondo Flo
Levina A Ling
Laskar Pelangi juga punya original soundtrak (OST), yaitu Laskar Pelangi by Nidji.
Dalam film tersebut, juga terdapat lagu-lagu seperti:
  • Ku Bahagia oleh Sherina
  • Lintang oleh Netral
  • Tak Perlu Keliling Dunia oleh Gita Gutawa
  • Sahabat Kecil oleh Ipang
  • Waltz Musim Pelangi oleh Meng Float
  • Sahabat oleh Garasi
  • Mengejar Harapan oleh Gugun & The Bluesbug
  • Bunga Seroja oleh Verrys Yamarno a.k.a, Mahar & Mara Karma

Sekarang di Bali, film Laskara Pelangi (udah masuk wisata. (sekarang = tanggal 26 November 2008). Sedangkan saya sendiri belum nonton. Maklum, sebentar lagi saya akan menghadapi Ujian Nasional, namun saya sudah membaca bukunya. Sekilas tentang Laskar Pelangi. Ingin tahu lebih lanjut? Berikan saya comment saja. Saya akan berusaha membelas secepatnya. :)

No comments: